Rabu, 24 Januari 2018 | 06.13 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>KPK cegah dua pengusaha terkait suap APBD Jambi

KPK cegah dua pengusaha terkait suap APBD Jambi

Reporter : Zainal Bakri | Rabu, 13 Desember 2017 - 01:11 WIB

IMG-28756

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kanan) bersama Penyidik menunjukkan barang bukti hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jambi, saat konferensi pers di kantor KPK, Jakarta, Rabu (29/11). FOTO: Rilis.id/Indra Kusuma.

Jakarta, kini.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pencegahan terhadap dua pengusaha dari PT Sumber Swarna, Joe Fandy Yoesman dan Ali Tonang bepergian ke luar negeri.

Keduanya dicegah terkait penyidikan kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah menyatakan, surat permintaan pencegahan terhadap keduanya telah dilayangkan lembaga antikorupsi kepada Ditjen Imigrasi Kemkumham pada 8 Desember 2017.

Keduanya dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan. Dengan demikian, setidaknya Fandy Yoesman dan Ali Tonang tak dapat bepergian ke luar negeri hingga Juni 2018 mendatang.

“KPK mencegah bepergian ke luar negeri terhadap dua orang saksi,” kata Febri di Jakarta, Selasa (12/12).

Febri menyebut, kedua saksi tersebut dicegah dalam kapasitas sebagai saksi atas penyidikan dengan tersangka Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan, dan Asisten Daerah Bidang III Jambi Saifudin.

Pencegahan ini dilakukan agar kedua saksi itu tidak berada di luar negeri saat penyidikan akan memeriksa mereka.

“Pencegahan dilakukan agar saat diperlukan untuk pemeriksaan yang bersangkutan sedang tidak berada di luar negeri,” katanya.

Diduga, keduanya mengetahui mengenai suap yang diberikan tiga pejabat Pemprov Jambi itu kepada anggota DPRD agar bersedia hadir dalam rapat pengesahan RAPBD Jambi 2018.

Berdasar informasi, Pemprov Jambi telah menyiapkan ‘uang ketok’ sekitar Rp 6 miliar untuk para legislator.

Uang itu berasal dari perusahaan-perusahaan yang kerap menggarap proyek Pemprov Jambi. PT Sumber Swarna sendiri menggarap sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi. Salah satunya, proyek pembangunan jalan lintas Tebo, Jambi, senilai Rp 45 miliar.

Dalam mengusut kasus ini, tim penyidik juga sudah memeriksa Ketua Komisi I DPRD Jambi Tadjuddin Hasan, Anggota Komisi III DPRD Jambi Cek Man dan Parlagutan, serta Anggota Komisi IV DPRD Jambi Juber.

“Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SAI (Saifudin),” katanya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hanura sepakat islah, Wiranto: OSO Ketua Umum yang sah
Politik - Selasa, 23 Januari 2018 - 21:48 WIB

Hanura sepakat islah, Wiranto: OSO Ketua Umum yang sah

Ketua Dewan Pembina sekaligus pendiri Partai Hanura, Jenderal (Purn) Wiranto, menyatakan bahwa Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua Umum Partai ...
Made Oka Masagung Sering Lupa, KPK: Tak Ada Gunanya
Hukum - Selasa, 23 Januari 2018 - 20:50 WIB

Made Oka Masagung Sering Lupa, KPK: Tak Ada Gunanya

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan tidak ada gunanya saksi mengatakan lupa padahal sebenarnya tidak lupa."Sebab untuk ...
Akankah KPK Gugurkan Praperadilan Fredrich Yunadi?
Hukum - Selasa, 23 Januari 2018 - 20:33 WIB

Akankah KPK Gugurkan Praperadilan Fredrich Yunadi?

Pasca menetapkan Fredrich Yunadi sebagai tersangka merintangi penyidikan perkara e-KTP, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara intens melakukan serangkaian kegiatan. Misalnya ...
KPK Belum Lihat Novanto Akui Kesalahannya di Kasus e-KTP
Hukum - Selasa, 23 Januari 2018 - 20:29 WIB

KPK Belum Lihat Novanto Akui Kesalahannya di Kasus e-KTP

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan sejauh ini pihaknya belum melihat Setya Novanto mengakui perbuatannya di kasus ...
Dampak gempa Banten, puluhan bangunan di Sukabumi rusak
Peristiwa - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:30 WIB

Dampak gempa Banten, puluhan bangunan di Sukabumi rusak

Pascagempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR) Selasa, (23/1) sekitar pukul 13.34 WIB, sejumlah bangunan ...
Ratusan rumah di Lebak rusak terdampak gempa
Peristiwa - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:24 WIB

Ratusan rumah di Lebak rusak terdampak gempa

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (23/1) siang, menghancurkan sebanyak 311 unit rumah tersebar ...