Senin, 22 Januari 2018 | 03.09 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Sandiaga tertarik konsep LRT usulan Ratu Prabu senilai Rp320 triliun

Sandiaga tertarik konsep LRT usulan Ratu Prabu senilai Rp320 triliun

Jumat, 5 Januari 2018 - 07:28 WIB

IMG-29324

Pembangunan proyek LRT di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. FOTO: Antara

Jakarta, kini.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut hangat terhadap usulan PT Ratu Prabu Energi yang akan membangun Light Rail Transit (LRT) di kawasan ibu kota. 

“Tadi kita kedatangan grup Ratu Prabu Energi. Salah satu usaha besar di Indonesia yang membawa konsep yang sudah cukup matang, yaitu membangun lebih dari 200 kilometer tambahan LRT di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Sandiaga memaparkan total investasi atas proyek ini sekitar 25 miliar dolar AS atau setara sekitar Rp320 triliun. Menurut dia, proyek LRT ini bisa dibangun dalam periode lima tahun yaitu dari 2020 hingga 2025. 

Sandiaga menambahkan, proyek ini tidak melibatkan penganggaran dari pemerintah karena semua biaya akan ditanggung oleh pihak swasta. 

“Ini konsepnya full business to business, tanpa dukungan dari pemerintah dalam pemberian jaminan, serta melibatkan investor Korea, Cina dan Jepang. Terus terang, kami sangat gembira karena ini adalah satu usulan yang sangat konkret dalam mengatasi masalah kemacetan di ibukota,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengklaim PT Ratu Prabu Energi telah melakukan koordinasi dengan BPTJ (Badan Penyelenggara Transportasi Jakarta) dan Kementerian Perhubungan terkait dengan rencana proyek ini. 

Dia memastikan perencanaan proyek ini akan terus dimatangkan dan dilakukan kajian komperehensif, termasuk terkait dengan lapangan kerja yang akan tercipta selama proyek berjalan.

“(Proyek) Ini akan memastikan bahwa Jakarta punya transportasi berbasis rel yang tidak kalah dengan kota-kota besar di luar negeri,” kata Sandiaga.

Diketahui PT Ratu Prabu Energi Tbk merupakan salah satu emiten yang sahamnya diperdagangkan dengan kode perdagangan saham ARTI.

Perusahaan yang dipegang Derek Prabu Maras ini berkantor di Gedung Ratu Prabu 1 Lantai 9, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Pada kuartal II/2016 lalu, untuk membiayai sejumlah proyek properti dan gasnya Ratu Prabu mendapatkan suntikan dari Northcliff Capital Ltd, perusahaan pengelola dana asal Singapura, sebesar USD200 juta.

Nortcliff melalui mitranya di Indonesia, yaitu Simasindo, menjalin kerja sama dengan ARTI untuk mendanai sejumlah proyek properti di kawasan TB Simatupang. Northcliff Capital juga menggarap bisnis migas dan jasa pertambangan karena ARTI memiliki pengalaman yang kuat di industri tersebut.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Jadi tim sukses atau peserta Pilkada, Wartawan diminta nonaktif
Peristiwa - Minggu, 21 Januari 2018 - 22:59 WIB

Jadi tim sukses atau peserta Pilkada, Wartawan diminta nonaktif

Dewan Kehormatan PWI Pusat mengimbau wartawan yang terlibat sebagai tim sukses peserta Pilkada Serentak 2018 untuk sementara nonaktif dari kegiataan ...
Truk lebihi muatan penyebab waktu tempu Jakarta- Bandung lebih dari lima jam
Peristiwa - Minggu, 21 Januari 2018 - 18:11 WIB

Truk lebihi muatan penyebab waktu tempu Jakarta- Bandung lebih dari lima jam

Pemerintah menargetkan waktu tempuh Jakarta-Bandung melalui jalan tol kembali menjadi tiga jam perjalanan pada saat ramai mulai Februari 2018. Saat ...
Jokowi ingin Jalan Tol Bakauheni-Palembang selesai sebelum Asian Games
Ekonomi - Minggu, 21 Januari 2018 - 17:00 WIB

Jokowi ingin Jalan Tol Bakauheni-Palembang selesai sebelum Asian Games

Presiden Jokowi menginginkan pembangunan Jalan Tol Bakauheni-Palembang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera diharapkan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018. ...
Menag: Saya kaget, lima fraksi setuju LGBT dan sesama jenis
Politik - Minggu, 21 Januari 2018 - 01:37 WIB

Menag: Saya kaget, lima fraksi setuju LGBT dan sesama jenis

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku terkejut ada lima fraksi di DPR RI yang menyetujui perilaku lesbian, gay, biseksual, dan ...
Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 22:02 WIB

Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara

Polri menurunkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara untuk meredam panasnya isu-isu politik dalam Pilkada serentak 2018. Dengan menggandeng tokoh agama , ...
Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 20:02 WIB

Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan

Perusahaan Umum (Perum) Bulog akan mulai melakukan impor beras pada pekan depan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan Perum ...