Kamis, 22 Februari 2018 | 21.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Cuaca ekstrem dan topografi penyebab longsor puncak Bogor

Cuaca ekstrem dan topografi penyebab longsor puncak Bogor

Selasa, 6 Februari 2018 - 22:30 WIB

IMG-30092

Petugas gabungan melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor di Maseng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (6/2). FOTO: Twitter/@Cakra_Kostrad.

Bogor, kini.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan analisisnya mengenai faktor utama penyebab kejadian longsor di jalur Puncak, Bogor. 

Basuki mengatakan faktor penting pemicu kemunculan sejumlah titik longsor di sepanjang Jalur Bogor hingga Puncak-Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (5/2), adalah cuaca ekstrem dan kondisi topografi kawasan itu.

“Ada titik longsor yang terjadi di Jalur Puncak, Riung Gunung, (masjid) Attaawun dan (hotel) Puncak Pass. Kami meninjau langsung titik rawan longsor yang ada di Jalur Puncak Bogor dan Puncak Pass terjadi karena faktor alam,” kata Basuki di sela meninjau lokasi longsor di Cianjur, Selasa (6/2) dilansir Antara. 

Selain cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi, Basuki menambahkan longsor yang terjadi di Jalur Puncak dan Puncak Pass juga disebabkan oleh jenis batuan dan stratifikasi tanahnya yang memiliki banyak lengkungan.

Karena itu, menurut Basuki, penanganan longsor di lokasi tersebut akan memakai sistem timbun dengan menggunakan beton ringan. Metode ini pernah dipraktikkan pada pembangunan flyover Antapani, Bandung.

“Perkiraan kami dibutuhkan waktu dua minggu untuk perbaikan jalan tersebut. Namun saat ini, sedang diupayakan pembersihan material longsor yang menutup jalan agar dapat kembali dilalui kendaraan,” kata Basuki.

Dia juga mengatakan, untuk tebing tembok penyangga di Puncak Pass yang keberadaanya mengancam landasan jalan utama Puncak-Bogor, bukan kewajiban pemerintah untuk melakukan perbaikan. 

“Kami fokus memperbaiki jalan protokol dan prosesnya tergantung tata ruang di Jalur Puncak, di titik mana saja yang perlu ditangani,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Dodi Permadi mengatakan pihaknya masih mendata dampak keseluruhan terkait bencana longsor yang terjadi di kawasan Cianjur utara tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas. 

“Kami masih melakukan pendataan di wilayah tersebut, sehingga belum ada data akurat dampak longsor di wilayah tersebut. Terkait tebing yang longsor masuk dalam kawasan hotel, kami akan berkordinasi untuk dilakukan perbaikan,” kata dia. 

Sekretaris BPBD Cianjur Sugeng Supriyadi menambahkan Kabupaten Cianjur sedang dalam masa siaga darurat untuk bencana longsor, pergerakan tanah, dan banjir.

“Terlebih beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Cianjur hujan turun dengan intensitas tinggi, sehingga berdampak besar terjadi bencana alam,” kata Sugeng. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 20:01 WIB

Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR

Meski telah disahkan, revisi UU MD3 menimbulkan polemik. Beberapa pasal dinilai publik terlalu berlebihan, khususnya dalam hak imunitas anggota DPR. ...
PT Waskita akui lalai dalam pemasangan  girder non standar
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:55 WIB

PT Waskita akui lalai dalam pemasangan girder non standar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengakui adanya kelalaian dalam sejumlah proyek infrastruktur terutama pengerjaan konstruksi jalan melayang (elevated). Ketelitian pemasangan ...
Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:42 WIB

Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya

Penyidik Polda Metro Jaya bakal memeriksa pedangdut Elvy Sukaesih terkait penyalahgunaan narkoba yang menyeret ketiga anaknya Dhawiya Zaida, Syehan dan Ali Zaenal Abidin."Dipanggil ...
Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara  BNPB
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:31 WIB

Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara BNPB

Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir ...
Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:16 WIB

Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke Indonesia setelah 10 bulan lamanya menjalani perawatan di RS ...
Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 16:04 WIB

Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke tanah air setelah melakukan perawatan di sebuah Rumah Sakit ...