Kamis, 22 Februari 2018 | 21.21 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>Novanto, Megawati dan Prabowo paling populer di media massa

Novanto, Megawati dan Prabowo paling populer di media massa

Kamis, 8 Februari 2018 - 11:47 WIB

IMG-30138

Setya Novanto saat masih menjabat Ketua DPR memasuki ruang paripurna DPR pengambilan keputusan RUU Pemilu, Kamis (20/7). KiniNews/Wahyu.

Jakarta, kini.co.id – Survei Indonesia Indicator (I2) mengeluarkan 10 nama politikus terpegah dan tervokal sepanjang Januari 2018.

Diantara urutan sepuluh besar tersebut nama Setya Novanto, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto termasuk politikus terpegah atau yang paling populer dan banyak diberitakan media massa.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (8/2), mengatakan nama-nama politikus itu diambil dari seluruh pemberitaan media online di Indonesia sepanjang Januari 2018 yang berjumlah 729.710 berita dari 1.123 media online.

“Tokoh politik atau politisi di dalam kategori ini adalah politisi, baik yang menjadi legislator di Senayan maupun menjabat sebagai pimpinan parpol,” kata Rustika. 

Sedangkan, politisi yang berada di posisi eksekutif, seperti presiden, wakil presiden, menteri, gubernur, kata dia, tidak termasuk dalam kategori dalam riset ini, karena pemberitaan terhadap mereka lebih banyak dihubungkan dengan posisinya sebagai pejabat negara.

Menurut Rustika, Setya Novanto tampil pada posisi puncak sebagai politisi yang paling banyak diberitakan media massa sepanjang Januari 2018, yakni terdapat 10.554 berita dari 463 media online memberitakan politisi Partai Golkar yang kini sedang menjalani proses hukum di Pengadilan Tipikor.

Framing utama media terhadap Setnov, menurut Rustika, lebih banyak berhubungan dengan perkembangan kasus yang membelitnya, selain pada isu kandidat yang telah ditetapkan pada masa kepemimpinan Setya Novanto. 

“Ini yang menyebabkan framing media dengan sentimen negatif terhadap Setya Novanto mencapai 40 persen,” kata Rustika.

Politisi terpegah kedua diduduki Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Nama ini paling banyak disebutkan oleh media massa, khususnya dalam penentuan nama-nama calon kandidat yang akan berkompetisi dalam pilkada. 

Menurut Rustika, media memposisikan Megawati sebagai salah satu tokoh politik “penentu” atas keputusannya dalam pilkada.

“Topik tentang hubungan antara Ketua Umum PDI Perjuangan ini dengan proses pencalonan kandidat gubernur menjadi perbincangan di media. Megawati diberitakan sebesar 5.770 berita dari 517 media online,” ujar Rustika.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki posisi ketiga politikus terpegah. Posisi Prabowo juga banyak dikaitkan dengan penentuan nama-nama kandidat yang diusung partainya untuk berlaga di pilkada. Prabowo diberitakan sebanyak 4.360 berita, dengan framingnetral dan positif.

Tujuh nama politisi terpegah lainnya yang terbanyak diberitakan media sepanjang Januari 2018 adalah:

4. Oesman Sapta Odang (4.217 berita) 5. Zulkifli Hasan (3.553 berita) 6. Bambang Soesatyo (3.544 berita) 7. Susilo Bambang Yudhoyono (3.266 berita) 8. Hasto Kristiyanto (2.483 berita) 9. Fadli Zon (1.638 berita)  10. Sarifuddin Sudding (1.626 berita)

“Dilihat dari asal parpol tampak PDIP, Golkar, Gerindra, serta Hanura memiliki dua kader yang paling banyak diberitakan media. Sementara PAN dan Demokrat masing-masing satu kader,” katanya pula.

10 Politikus Tervokal

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjadi politikus tervokal (terbanyak dikutip media massa) sepanjang Januari 2018. 

Menurut Rustika, sebanyak 9.689 pernyataan Hasto telah dikutip media online.

“Ini berarti dalam setiap pemberitaan yang memunculkan nama Hasto sebagai narasumber, terdapat rata-rata 4 pernyataannya yang dikutip media,” ujar Rustika.

Posisi politisi tervokal kedua diduduki politisi Partai Golkar yang baru menjabat sebagai Ketua DPR Bambang Soesatyo dengan 8.725 pernyataan. 

Bambang Soesatyo menjadi media darling baru setelah diangkat sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto.

Fahri Hamzah yang pernah dinobatkan sebagai politisi tervokal sepanjang 2017 versi Indonesia Indicator, kali ini menduduki posisi ketiga. Sebanyak 7.208 pernyataan Fahri dikutip media sepanjang Januari 2018.

Politisi tervokal nomor 4 hingga 10 diduduki Zulkifli Hasan (7.041 pernyataan), Fadli Zon (6.098), Megawati Soekarnoputri (5.896 pernyataan), Susilo Bambang Yudhoyono (3.679 pernyataan), Setya Novanto (3.570 pernyataan), Agus Hermanto 2.169, serta La Nyalla (2.149).

“Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar tokoh politik yang paling banyak diberitakan media ternyata juga merupakan sosok yang pernyataannya paling sering dikutip media,” ujar Rustika. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 20:01 WIB

Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR

Meski telah disahkan, revisi UU MD3 menimbulkan polemik. Beberapa pasal dinilai publik terlalu berlebihan, khususnya dalam hak imunitas anggota DPR. ...
PT Waskita akui lalai dalam pemasangan  girder non standar
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:55 WIB

PT Waskita akui lalai dalam pemasangan girder non standar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengakui adanya kelalaian dalam sejumlah proyek infrastruktur terutama pengerjaan konstruksi jalan melayang (elevated). Ketelitian pemasangan ...
Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:42 WIB

Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya

Penyidik Polda Metro Jaya bakal memeriksa pedangdut Elvy Sukaesih terkait penyalahgunaan narkoba yang menyeret ketiga anaknya Dhawiya Zaida, Syehan dan Ali Zaenal Abidin."Dipanggil ...
Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara  BNPB
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:31 WIB

Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara BNPB

Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir ...
Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:16 WIB

Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke Indonesia setelah 10 bulan lamanya menjalani perawatan di RS ...
Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 16:04 WIB

Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke tanah air setelah melakukan perawatan di sebuah Rumah Sakit ...