Kamis, 22 Februari 2018 | 21.34 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Airlangga ungkap 4 sektor pendorong tumbuhnya industri 

Airlangga ungkap 4 sektor pendorong tumbuhnya industri 

Reporter : Sindi Violinda | Kamis, 8 Februari 2018 - 16:11 WIB

IMG-30157

Kemenperin Airlangga Hartarto. FOTO: KiniNews/Humas Kemenperin.

Jakarta, kini.co.id – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri manufaktur di Indonesia dapat tumbuh maksimal apabila dilakukan peningkatan kapasitas terhadap empat sektor yakni teknologi, tenaga kerja, kesehatan, serta pelatihan dan pendidikan.

Tahun lalu, Airlangga mengklaim pertumbuhan nilai tambah industri manufaktur (manufacture value-added/MVA) tumbuh sebesar 4,84%, di atas rata-rata ASEAN sebesar 4,5% dalam periode 2012-2016.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam Soft Launching CNBC Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (8/2).

Menperin mengatakan empat sektor tersebut memiliki peringkat rendah dalam indeks daya saing global selama 2 tahun terakhir.

“Ada empat sektor yang harus diperbaiki supaya potensi industri kita bisa maksimal yakni kesehatan, efisiensi pasar tenaga kerja, kesiapan teknologi, serta pelatihan dan pendidikan,” kata Airlangga.

Upaya pemerintah meningkatkan sektor kesehatan dan pendidikan dasar di antaranya melalui program seperti BPJS Kesehatan serta Kartu Indonesia Pintar.

Data Kementerian Perindustrian mencatat peringkat Indonesia di sektor ini ada di urutan 94 pada periode 2017/18, naik 6 tingkat dari urutan 100 di periode 2016/17.

Terkait efisiensi pasar tenaga kerja, kata Airlangga harus dikembangkan kualitasnya sejalan dengan tumbuhnya ekonomi digital.

Peningkatan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan melalui pengembangan perusahaan rintisan (startup) digital. Data Kementerian Perindustrian menunjukkan peringkat Indonesia di tahun 2017/18 di posisi 96, naik 12 peringkat dari tahun 2016/17.

“Selain itu, penting bagi pasar tenaga kerja kita untuk terintegrasi dengan pasar tenaga kerja ASEAN, karena Indonesia saat ini sudah terlibat dalam rantai produksi global,” ujarnya.

Menurut Airlangga kesiapan teknologi Indonesia juga masih jauh tertinggal dibanding negara-negara kompetitor.

Untuk itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini berharap kurikulum pendidikan RI sejak pendidikan dasar bisa lebih menitikberatkan ke pelajaran sains dan teknologi.

Terakhir, Airlangga menjelaskan pelatihan dan pendidikan tinggi sangat diperlukan untuk mendorong sumber daya manusia yang siap pakai bagi industri.

“Untuk itu, kami kembangkan program link and match sejak tahun lalu bekerja sama dengan industri-industri terkait guna memaksimalkan lulusan SMK agar langsung terserap oleh industri,” jelasnya.

Jika seluruh sektor tersebut dapat diperbaiki secara optimal, Airlangga optimis pertumbuhan industri bisa tumbuh antara 5,6%-7,8% hingga tahun 2045. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 20:01 WIB

Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR

Meski telah disahkan, revisi UU MD3 menimbulkan polemik. Beberapa pasal dinilai publik terlalu berlebihan, khususnya dalam hak imunitas anggota DPR. ...
PT Waskita akui lalai dalam pemasangan  girder non standar
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:55 WIB

PT Waskita akui lalai dalam pemasangan girder non standar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengakui adanya kelalaian dalam sejumlah proyek infrastruktur terutama pengerjaan konstruksi jalan melayang (elevated). Ketelitian pemasangan ...
Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:42 WIB

Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya

Penyidik Polda Metro Jaya bakal memeriksa pedangdut Elvy Sukaesih terkait penyalahgunaan narkoba yang menyeret ketiga anaknya Dhawiya Zaida, Syehan dan Ali Zaenal Abidin."Dipanggil ...
Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara  BNPB
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:31 WIB

Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara BNPB

Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir ...
Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:16 WIB

Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke Indonesia setelah 10 bulan lamanya menjalani perawatan di RS ...
Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 16:04 WIB

Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke tanah air setelah melakukan perawatan di sebuah Rumah Sakit ...