Kamis, 22 Februari 2018 | 21.37 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Menkes imbau wartawan rutin cek kesehatan

Menkes imbau wartawan rutin cek kesehatan

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 9 Februari 2018 - 16:34 WIB

IMG-30186

Menteri Kesehatan Nila Moeloek. FOTO: Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Menteri Kesehatan Nila Moeloek menganjurkan para wartawan untuk rutin mengecek kesehatan secara berkala mengingat jam kerja profesi jurnalis yang tidak menentu.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (9/2), Nila menekankan pada jam kerja wartawan yang tidak tentu serta tekanan dari “deadline” yang ketat berpotensi mengganggu kesehatan.

“Dua puluh persen penyakit itu dipengaruhi oleh perilaku. Ayo wartawan Indonesia jaga kesehatan. Selamat Hari Pers Nasional ya,” kata Menkes saat mengunjungi stan pemeriksaan kesehatan di kawasan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Stand pemeriksaan kesehatan didirikan dalam rangka acara Hari Pers Nasional (HPN) atas partisipasi RS M. Jamil dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Stan terdiri dari 10 kamar pemeriksaan untuk pria dan wanita dengan layanan pemeriksaan gula darah, jantung, kolesterol, dan tekanan darah. 

Menkes Nila menyambut baik stan pemeriksaan tersebut sebagai bentuk upaya deteksi dini penyakit. 

“Saya kira ini satu hal yang baik menggugah masyarakat agar sadar bahwa ternyata umumnya orang ada hipertensi,” kata Nila.

Sampai hari kedua didirikannya stan tersebut tercatat sebanyak 600 orang sudahmemeriksakan kesehatannya. Dari jumlah itu, 30 persen di antaranya ditemukan memiliki hipertensi dan lebih dari 10 persen menderita diabetes.

Selain menteri kesehatan, 22 menteri Kabinet Kerja juga menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat. Ketua PWI Pusat Margiono menyebutkan jumlah menteri yang hadir di HPN tahun ini jadi yang paling banyak.

“Ada 23 menteri yang datang dan melaksanakan berbagai kegiatan HPN di Sumbar,” katanya di Padang, Jumat (9/2/2018), saat memberikan sambutan HPN.

Menurutnya kedatangan menteri ke Sumbar bukan hanya untuk mendampingi Presiden Joko Widodo, tetapi juga membawa berbagai program untuk membantu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap sesuai dengan tema HPN 2018 yaitu “meminang keindahan di padang kesejahteraan” yang maknanya kira-kira pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat, kedatangan menteri akan memberikan dampak positif bagi daerah.

“Menjadi tuan rumah HPN selalu memberikan keuntungan bagi daerah. Itu pula yang diharapkan terjadi di Sumbar,” ujarnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 20:01 WIB

Polemik UU MD3 harus jadi pelajaran bagi DPR

Meski telah disahkan, revisi UU MD3 menimbulkan polemik. Beberapa pasal dinilai publik terlalu berlebihan, khususnya dalam hak imunitas anggota DPR. ...
PT Waskita akui lalai dalam pemasangan  girder non standar
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:55 WIB

PT Waskita akui lalai dalam pemasangan girder non standar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengakui adanya kelalaian dalam sejumlah proyek infrastruktur terutama pengerjaan konstruksi jalan melayang (elevated). Ketelitian pemasangan ...
Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:42 WIB

Elvy Sukaesih akan diperiksa sebagai saksi Dhawiya

Penyidik Polda Metro Jaya bakal memeriksa pedangdut Elvy Sukaesih terkait penyalahgunaan narkoba yang menyeret ketiga anaknya Dhawiya Zaida, Syehan dan Ali Zaenal Abidin."Dipanggil ...
Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara  BNPB
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:31 WIB

Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara BNPB

Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir ...
Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:16 WIB

Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke Indonesia setelah 10 bulan lamanya menjalani perawatan di RS ...
Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 16:04 WIB

Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke tanah air setelah melakukan perawatan di sebuah Rumah Sakit ...