Senin, 26 Februari 2018 | 08.25 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Pemda diminta ikut aktif awasi penyelundup narkoba

Pemda diminta ikut aktif awasi penyelundup narkoba

Senin, 12 Februari 2018 - 00:37 WIB

IMG-30207

Ketua DPR Bambang Soesatyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso, dan Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto di Batam, Kepulauan Riau, Ahad (11/2). FOTO: KiniNews/Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta jangan ada lagi permainan yang melemahkan kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum terkait pemberantasan narkoba. Tindakan tegas perlu dilakukan dengan menghukum mati pelaku.

Menurut dia, narkoba adalah kejahatan kemanusiaan yang tak bisa ditoleransi. Ia menyebutkan penangkapan kapal Sunsrise Glory yang menyelundupkan satu ton narkotika jenis sabu di Batam, Kepri, Rabu (7/2), membuktikan Indonesia sebagai market besar peredaran narkoba.

Tak ada kata lain kecuali sebuah tindakan tegas yang harus dilakukan oleh negara. Tenggelamkan kapal tersebut dan hukum mati pelakunya,” kata Bamsoet, sapaannya, seperti dilansir Antara, Ahad (11/2).

Bambang berkunjung ke Batam bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso, dan Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto.

Ia mengapresiasi adanya kerja sama penegak hukum di laut dalam memburu penyelundup kakap berkewarganegaraan Taiwan tersebut. 

Menurutnya, satu ton sabu yang sudah disita tersebut diperkirakan dapat merusak sekitar 5 juta anak bangsa. Mantan ketua Komisi III ini mengingatkan pemerintah, khususnya pemerintah daerah, untuk tak menganggap enteng peredaran narkoba. Pencegahan, khususnya di kalangan generasi muda, mutlak dilakukan.

“BNN, Polri, dan TNI tidak akan bisa sendirian. Intinya, ini adalah tanggung jawab kita bersama. Mulai hari ini kita nyatakan perang terhadap narkoba,” kata dia.

Harus ditelusuri

Ia berpesan agar aparat penegak hukum bekerja profesional. “Jangan lagi ada permainan yang melemahkan kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum,” katanya.

Bamsoet meminta penegak hukum menelusuri muasal satu ton sabu tersebut. Apalagi kapal yang tertangkap membawa sabu berbendera Singapura–negara yang masuk kawasan ASEAN. 

“Penelusuran akan membuktikan ada tidaknya indikasi keterlibatan oknum negara tetangga yang biasanya terkenal sangat ketat dalam hal pengawasan itu,” katanya.

Penegak hukum juga diminta memperketat pengawasan mengingat penyelundupan narkoba berskala besar berulang kali terjadi melalui jalur laut.

“Akan sangat memalukan bila hal seperti ini terus berulang,” katanya.

Pada, Rabu (7/2), KRI Sigurot-864 yang dikomandani Mayor Laut (P) Arizona Bintara berhasil menangkap kapal pembawa sabu. Penangkapan dilakukan di sela-sela Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Singapura 2018.

Saat itu, mereka memeriksa MV Sunrise Glory di Perairan Selat Philips karena pergerakannya mencurigakan. Kapal itu juga terbukti melintas di luar Traffic Separation Scheme (TSS) dan masuk perairan Indonesia dengan mengibarkan bendera Singapura.

Saat diperiksa, tim menemukan narkotika jenis sabu sebanyak 41 karung beras dengan perkiraan berat lebih dari satu ton.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Bawaslu berhentikan sementara Ketua Panwaslu Garut
Hukum - Minggu, 25 Februari 2018 - 19:26 WIB

Bawaslu berhentikan sementara Ketua Panwaslu Garut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberhentikan sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Heri Hasan Basri yang terjerat OTT Satgas Anti Money Politik ...
Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:58 WIB

Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:51 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi

Petak jalan rel kereta api di kilometer 185 + 500 sampai dengan 186 + 600 (Stasiun Tanjung - Stasiun Losari  ...
Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi
Politik - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:25 WIB

Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya telah mengantongi kriteria dan nama-nama calon wakil ...
Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun
Ekonomi - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:19 WIB

Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun

PT Angkasa Pura I (Persero) di 2018 akan menginvestasikan Rp18,8 triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur bandar udara untuk perbaikan dan ...
PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU
Hukum - Sabtu, 24 Februari 2018 - 14:17 WIB

PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU

Tak terima partainya tak lolos verifikasi, Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra kekeuh akan menyeret seluruh ...