Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10.14 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Hoax tentang gempa Situbondo masih berseliweran di sosmed

Hoax tentang gempa Situbondo masih berseliweran di sosmed

Reporter : Emerson Tarihoran | Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:48 WIB

IMG-29009

Tembok sejumlah rumah roboh akibat gempa di Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis (11/10/2018) dini hari.

SITUBONDO, kini.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo mendapati simpang siur informasi kerusakan dan korban pascagempa di Jawa Timur dengan kekuatan 6,3 SR dini hari tadi.

“Ada informasi kerusakan melalui media sosial, namun setelah kami cek bukan di wilayah Situbondo. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah menyebar foto maupun video jika belum jelas lokasinya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo Gatot Trikorawan, Kamis (11/10).

Gatot mengatakan untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan petugas di masing-masing wilayah di kawasan Kabupaten Situbondo.

Sejauh ini, dari hasil survei dan koordinasi, petugas belum menemukan kerusakan rumah maupun korban jiwa akibat gempa bumi episenternya berada di laut, berjarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo pada kedalaman 12 km.

Ahmad Dhafir, salah seorang warga Dusun Pesisir, Kecamatan Jangkar, mengatakan guncangan gempa dirasakan sangat besar hingga membuat warga pesisir timur Situbondo berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri.

“Kami bersama keluarga langsung beranjak keluar rumah dan kami sangat kaget, karena belum pernah merasakan guncangan gempa begitu besarnya. Alhamdulillah di kampung kami meskipun guncangan sangat kuat tidak sampai ada kerusakan akibat gempa,” katanya.

Guncangan gempa Jatim itu dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Situbondo selama 2-5 detik, hingga masyarakat berhamburan keluar rumah.

Pendataan Dampak Gempa di Sumenep

Di Madura, pemerintah Kabupaten Sumenep menyatakan pihaknya masih mendata dampak gempa dini hari tadi.

“Laporan sementara yang masuk kepada kami, wilayah kami, yakni Pulau Sapudi terdampak gempa tersebut. Saat ini, jajaran kami masih melakukan pendataan di lapangan,” ujar Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Sumenep.

Fauzi mengatakan sejauh ini di kerusakan terpantau di dua desa yakni Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi.

“Sesuai laporan sementara yang masuk kepada kami, sejumlah bangunan dan rumah milik warga di dua desa di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, mengalami kerusakan,” kata Fauzi, menerangkan.

Gubernur Jatim Soekarwo berencana meninjau lokasi terdampak gempa, pulau Sapudi, dengan menggunakan helikopter didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Soekarwo sendiri telah menggelar rapat terbatas pascabencana gempa Jatim dengan memanggil sejumlah pejabat terkait di provinsinya pada pagi tadi.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 17:17 WIB

Kader PKS kecewa kursi Wagub DKI tidak kunjung diberikan Gerindra

SEJUMLAH kader DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Timur disebut kecewa dan kesal lantaran Partai Gerindra tak kunjung memberikan kursi ...
Peristiwa - Jumat, 19 Oktober 2018 - 14:29 WIB

Ketua DPR Pastikan Insiden Peluru Nyasar Bukan Ulah Teroris

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan insiden peluru nyasar di beberapa ruang kerja anggota dewan tidak terkait dengan aksi ...
Hukum - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:51 WIB

Masa Tahanan Eks Dirut Pertamina Diperpanjang 40 Hari

Masa tahanan Eks Dirut PT Pertamina (Persero), Karen Galaila Agustiawan diperpanjang sampai 22 November 2018. Kejaksaan Agung melakukan perpanjangan masa ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:39 WIB

DPR Sebut Pemasangan Kaca Anti Peluru Bisa Batal

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, wacana pemasangan kaca antipeluru di Gedung Nusantara I DPR bisa ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Awas, Libatkan Anak Kampanye Politik Bisa Dipidana

Anak-anak tidak diperkenankan untuk terlibat dalam kegiatan politik. Jika para orangtua melibatkan anaknya dalam kegiatan politik seperti kampanye atau apapun, ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 12:06 WIB

Incar Kursi Wagub DKI, Gerindra-PKS Yakin Tetap Mesra

Sepeninggal Sandiaga Uno, kursi Wakil Gubernur DKI kini menjadi incaran. Adalah dua partai yakni PKS dan Gerindra yang kini masih ...