Rabu, 19 Desember 2018 | 17.45 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Hoax tentang gempa Situbondo masih berseliweran di sosmed

Hoax tentang gempa Situbondo masih berseliweran di sosmed

Reporter : Emerson Tarihoran | Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:48 WIB

IMG-29009

Tembok sejumlah rumah roboh akibat gempa di Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis (11/10/2018) dini hari.

SITUBONDO, kini.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo mendapati simpang siur informasi kerusakan dan korban pascagempa di Jawa Timur dengan kekuatan 6,3 SR dini hari tadi.

“Ada informasi kerusakan melalui media sosial, namun setelah kami cek bukan di wilayah Situbondo. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah menyebar foto maupun video jika belum jelas lokasinya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Situbondo Gatot Trikorawan, Kamis (11/10).

Gatot mengatakan untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan petugas di masing-masing wilayah di kawasan Kabupaten Situbondo.

Sejauh ini, dari hasil survei dan koordinasi, petugas belum menemukan kerusakan rumah maupun korban jiwa akibat gempa bumi episenternya berada di laut, berjarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo pada kedalaman 12 km.

Ahmad Dhafir, salah seorang warga Dusun Pesisir, Kecamatan Jangkar, mengatakan guncangan gempa dirasakan sangat besar hingga membuat warga pesisir timur Situbondo berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri.

“Kami bersama keluarga langsung beranjak keluar rumah dan kami sangat kaget, karena belum pernah merasakan guncangan gempa begitu besarnya. Alhamdulillah di kampung kami meskipun guncangan sangat kuat tidak sampai ada kerusakan akibat gempa,” katanya.

Guncangan gempa Jatim itu dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Situbondo selama 2-5 detik, hingga masyarakat berhamburan keluar rumah.

Pendataan Dampak Gempa di Sumenep

Di Madura, pemerintah Kabupaten Sumenep menyatakan pihaknya masih mendata dampak gempa dini hari tadi.

“Laporan sementara yang masuk kepada kami, wilayah kami, yakni Pulau Sapudi terdampak gempa tersebut. Saat ini, jajaran kami masih melakukan pendataan di lapangan,” ujar Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Sumenep.

Fauzi mengatakan sejauh ini di kerusakan terpantau di dua desa yakni Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi.

“Sesuai laporan sementara yang masuk kepada kami, sejumlah bangunan dan rumah milik warga di dua desa di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, mengalami kerusakan,” kata Fauzi, menerangkan.

Gubernur Jatim Soekarwo berencana meninjau lokasi terdampak gempa, pulau Sapudi, dengan menggunakan helikopter didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Soekarwo sendiri telah menggelar rapat terbatas pascabencana gempa Jatim dengan memanggil sejumlah pejabat terkait di provinsinya pada pagi tadi.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Peristiwa - Rabu, 19 Desember 2018 - 17:03 WIB

Jalan Gubeng Surabaya Amblas, Ini Penjelasan RS Siloam

Management Rumah Sakit Siloam nampaknya enggan disalahkan soal amblasnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang diduga karena proyek pengerjaan basement RS ...
Politik - Rabu, 19 Desember 2018 - 17:01 WIB

Fahri Hamzah: Banyak Orang Salah Paham Tentang Pidato Prabowo

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, banyak orang keliru tentang pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tentang Indonesia ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 15:29 WIB

Ditargetkan Selesai Tahun Ini, Kasus RJ Lino Belum Juga Disentuh KPK

Akhir Desember 2017 silam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencanangkan berbagai target. Salah satu target besar yang dicanangkan adalah penyelesaian kasus ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 15:25 WIB

Fahri Hamzah Minta Polisi Ungkap Fakta Soal Penahanan Habib Bahar

Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta pihak kepolisian menjelaskan kepada publik atas penahanan Habib Bahar bin Smith atas dugaan penganiayaan terhadap ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 13:25 WIB

Begini korban penganiayaan Bahar Smith

KEPALA Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan remaja korban penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Bahar bin ...
Peristiwa - Rabu, 19 Desember 2018 - 11:59 WIB

Penyebab amblesnya jalan Gubeng-Surabaya mulai terkuak

DUGAAN penyebab amblesnya Jalan Gubeng di Surabaya mulai terkuak. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan amblesnya jalan disebabkan oleh ...