Kamis, 24 Januari 2019 | 19.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Reporter : Emerson Tarihoran | Senin, 29 Oktober 2018 - 13:30 WIB

IMG-29604

Pesawat Lion Air JT-610 disinyalir disewa dari China.

JAKARTA, kini.co.id – PENGAMAT penerbangan Alfin Lie, menyatakan pergerakan pesawat Lion Air JT-610 tidak wajar, dan diyakini pasti mengalami masalah pada teknis sehingga menyebabkan kekuatan hilang dan menukik ke dalam laut.

”Saya melihat ada ketidak-wajaran dalam pergerakan pesawat. Pesawatnya tiba-tiba bergerak terlalu cepat, lalu kehilangan tenaga dan menukik, sehingga hilang dari pengamatan radar,” kata Alfin Lie, saat ditanya wartawan, Senin (29/10/2018).

Mantan anggota DPR asal Jawa Tengah itu khawatir ada masalah pada mesin pesawat, sehingga meminta izin ke ATC untuk kembali ke bandara. ”Tetapi saya belum dapat menyimpulkan, karena pesawat tersebut masih sangat baru beroperasi,” kata Alfin Lie.

Sementara itu Arisma Atmajati, pengamat pesawat, menyatakan ada beberapa kemungkinan seorang pilot meminta return to base (kembali ke bandara). Antara lain, ada penumpang yang membuat ulah, ada masalah di mesin, atau ada masalah pada kontrol pesawat.

”Sangat lazim pilot meminta izin ke ATC untuk kembali ke pangkalan atau ke bandara asal, dan itu hal yang biasa. Di sejumlah bandara di dunia, permintaan kembali ke bandara adalah masalah biasa,” katanya.

Sayangnya, kata Arisma, pesawat Lion Air JT-610 tidak sempat memutar untuk kembali dalam keadaan normal. Pesawat itu sempat menukik ke atas, lalu turun drastis dan hilang kekuatan. ”Dalam waktu yang sangat singkat, menukik ke laut dan hilang dari radar, ini yang membuat saya yakin ada masalah teknis pada pesawat,” ujar Arisma.

Sebagaimana diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jurusan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang yang berangkat dari bandara Soekarno Hatta dikabarkan hilang kontak pada pukul 06.33 WIB.

Sebelumnya kabar ini dibenarkan oleh Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya masih terus berusaha menemukan bangkai pesawat. “Saat ini kami sedang berusaha mencari informasi mengenai pesawat tersebut,” kata Danang.

Sementara itu dipastikan empat anggota DPRD Bangka Belitung ada di Pesawat Lion Air JT 610 yang jatun. Di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu, ada empat anggota Komisi IV DPRD Babel bersama dua staf PNS DPRD Babel.

Didit mengatakan, di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu di antaranya Murdiman, Dollar, HK Junaidi serta Eling bersama istrinya. Namun, sejauh ini dia belum dapat memastikan kabar tersebut.

“Saya mendadak lemas, semoga kawan-kawan dan penumpang dalam keadaan baik-baik saja. Saya juga menunggu informasi selanjutnya,” kata Didit.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:15 WIB

Ahok bebas dari penjara

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok kini resmi bebas. Tadi pagi, Kamis (24/1/2019) dia keluar dari Mako Brimob, disertai upacara ...
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 11:42 WIB

Kalapas Cipinang Sebut Ahok Sudah Resmi Bebas Tadi Pagi

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bebas setelah menjalani masa hukuman 1 tahun 8 bulan 15 ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 21:38 WIB

Gagal jadi caleg, OSO polisikan Ketua KPU

OESMAN Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Hanura, melaporkan ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Polda Metro Jaya. ...
Nasional - Rabu, 23 Januari 2019 - 17:43 WIB

Wow…Susi Pudjiastuti tercatat sebagai Pemikir Dunia

MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dimasukkan dalam daftar "Top 100 Global Thinkers" 2019 versi majalah Foreign Policy. Susi pun ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:52 WIB

Dari Kalangan Jurnalis, KPU Pastikan Moderator Debat capres Netral

Menjadi moderator debat Capres 2019 haruslah individu yang bebas dari kepentingan mendukung salahsatu calon.Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:44 WIB

Penyesalan Adik Kandung Prabowo Pernah Biayai Kampanye Jokowi

Hashim Djojohadikusumo mengaku menyesal pernah ikut membiayai kampanye Jokowi.Adik kandung capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto itu mengaku sempat ...