Sabtu, 17 November 2018 | 10.29 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Reporter : Emerson Tarihoran | Senin, 29 Oktober 2018 - 13:30 WIB

IMG-29604

Pesawat Lion Air JT-610 disinyalir disewa dari China.

JAKARTA, kini.co.id – PENGAMAT penerbangan Alfin Lie, menyatakan pergerakan pesawat Lion Air JT-610 tidak wajar, dan diyakini pasti mengalami masalah pada teknis sehingga menyebabkan kekuatan hilang dan menukik ke dalam laut.

”Saya melihat ada ketidak-wajaran dalam pergerakan pesawat. Pesawatnya tiba-tiba bergerak terlalu cepat, lalu kehilangan tenaga dan menukik, sehingga hilang dari pengamatan radar,” kata Alfin Lie, saat ditanya wartawan, Senin (29/10/2018).

Mantan anggota DPR asal Jawa Tengah itu khawatir ada masalah pada mesin pesawat, sehingga meminta izin ke ATC untuk kembali ke bandara. ”Tetapi saya belum dapat menyimpulkan, karena pesawat tersebut masih sangat baru beroperasi,” kata Alfin Lie.

Sementara itu Arisma Atmajati, pengamat pesawat, menyatakan ada beberapa kemungkinan seorang pilot meminta return to base (kembali ke bandara). Antara lain, ada penumpang yang membuat ulah, ada masalah di mesin, atau ada masalah pada kontrol pesawat.

”Sangat lazim pilot meminta izin ke ATC untuk kembali ke pangkalan atau ke bandara asal, dan itu hal yang biasa. Di sejumlah bandara di dunia, permintaan kembali ke bandara adalah masalah biasa,” katanya.

Sayangnya, kata Arisma, pesawat Lion Air JT-610 tidak sempat memutar untuk kembali dalam keadaan normal. Pesawat itu sempat menukik ke atas, lalu turun drastis dan hilang kekuatan. ”Dalam waktu yang sangat singkat, menukik ke laut dan hilang dari radar, ini yang membuat saya yakin ada masalah teknis pada pesawat,” ujar Arisma.

Sebagaimana diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jurusan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang yang berangkat dari bandara Soekarno Hatta dikabarkan hilang kontak pada pukul 06.33 WIB.

Sebelumnya kabar ini dibenarkan oleh Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya masih terus berusaha menemukan bangkai pesawat. “Saat ini kami sedang berusaha mencari informasi mengenai pesawat tersebut,” kata Danang.

Sementara itu dipastikan empat anggota DPRD Bangka Belitung ada di Pesawat Lion Air JT 610 yang jatun. Di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu, ada empat anggota Komisi IV DPRD Babel bersama dua staf PNS DPRD Babel.

Didit mengatakan, di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu di antaranya Murdiman, Dollar, HK Junaidi serta Eling bersama istrinya. Namun, sejauh ini dia belum dapat memastikan kabar tersebut.

“Saya mendadak lemas, semoga kawan-kawan dan penumpang dalam keadaan baik-baik saja. Saya juga menunggu informasi selanjutnya,” kata Didit.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 16:39 WIB

Kasus selfie petugas imigrasi dengan Miyabi masih berlanjut

SELFIE antara petugas Imigrasi Kelas I Denpasar dan aktris panas asal Jepang Sayaka Stephanie Strom alias Maria Ozawa alias Miyabi ...
Politik - Jumat, 16 November 2018 - 11:46 WIB

SBY utamakan kemenangan Demokrat ketimbang Prabowo-Sandi

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bahwa partainya lebih mengutamakan kemenangan di pemilu legislatif ketimbang kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga ...
Nasional - Jumat, 16 November 2018 - 11:35 WIB

Warga di Papua takut merebut kembali tanahnya

PERWAKILAN warga Suku Mpur Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Samuel Ariks mengatakan masyarakat takut merebut kembali tanahnya yang diklaim PT Bintuni ...
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 11:12 WIB

Dendam, disebut penyebab pembunuhan sekeluarga

DALAM penyelidikan, polisi menyimpulkan pembunuhan satu keluarga di Bekasi dilatari motif balas dendam. Kesimpulan itu setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 09:53 WIB

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Cucu Wiranto Meninggal di Kolam Ikan

Kabar duka datang dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto. Pasalnya Cucu Wiranto yang bernama Achmad Daniyal ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 08:00 WIB

Penjelasan Lion Air Terkait Insiden Matinya Lampu dan AC Penerbangan Yogyakarta

Maskapai penerbangan Lion Air, membenarkan peristiwa mendadak matinya AC dan lampu pada pesawat penerbangan JT-556 dengan tujuan Yogyakarta.Corporate Communications Strategic ...