Senin, 25 Maret 2019 | 05.26 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Perjalanan pesawat tidak normal dan tiba-tiba menukik

Reporter : Emerson Tarihoran | Senin, 29 Oktober 2018 - 13:30 WIB

IMG-29604

Pesawat Lion Air JT-610 disinyalir disewa dari China.

JAKARTA, kini.co.id – PENGAMAT penerbangan Alfin Lie, menyatakan pergerakan pesawat Lion Air JT-610 tidak wajar, dan diyakini pasti mengalami masalah pada teknis sehingga menyebabkan kekuatan hilang dan menukik ke dalam laut.

”Saya melihat ada ketidak-wajaran dalam pergerakan pesawat. Pesawatnya tiba-tiba bergerak terlalu cepat, lalu kehilangan tenaga dan menukik, sehingga hilang dari pengamatan radar,” kata Alfin Lie, saat ditanya wartawan, Senin (29/10/2018).

Mantan anggota DPR asal Jawa Tengah itu khawatir ada masalah pada mesin pesawat, sehingga meminta izin ke ATC untuk kembali ke bandara. ”Tetapi saya belum dapat menyimpulkan, karena pesawat tersebut masih sangat baru beroperasi,” kata Alfin Lie.

Sementara itu Arisma Atmajati, pengamat pesawat, menyatakan ada beberapa kemungkinan seorang pilot meminta return to base (kembali ke bandara). Antara lain, ada penumpang yang membuat ulah, ada masalah di mesin, atau ada masalah pada kontrol pesawat.

”Sangat lazim pilot meminta izin ke ATC untuk kembali ke pangkalan atau ke bandara asal, dan itu hal yang biasa. Di sejumlah bandara di dunia, permintaan kembali ke bandara adalah masalah biasa,” katanya.

Sayangnya, kata Arisma, pesawat Lion Air JT-610 tidak sempat memutar untuk kembali dalam keadaan normal. Pesawat itu sempat menukik ke atas, lalu turun drastis dan hilang kekuatan. ”Dalam waktu yang sangat singkat, menukik ke laut dan hilang dari radar, ini yang membuat saya yakin ada masalah teknis pada pesawat,” ujar Arisma.

Sebagaimana diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jurusan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang yang berangkat dari bandara Soekarno Hatta dikabarkan hilang kontak pada pukul 06.33 WIB.

Sebelumnya kabar ini dibenarkan oleh Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya masih terus berusaha menemukan bangkai pesawat. “Saat ini kami sedang berusaha mencari informasi mengenai pesawat tersebut,” kata Danang.

Sementara itu dipastikan empat anggota DPRD Bangka Belitung ada di Pesawat Lion Air JT 610 yang jatun. Di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu, ada empat anggota Komisi IV DPRD Babel bersama dua staf PNS DPRD Babel.

Didit mengatakan, di dalam pesawat Lion Air JT610 dari Jakarta-Pangkalpinang yang dikabarkan hilang kontak itu di antaranya Murdiman, Dollar, HK Junaidi serta Eling bersama istrinya. Namun, sejauh ini dia belum dapat memastikan kabar tersebut.

“Saya mendadak lemas, semoga kawan-kawan dan penumpang dalam keadaan baik-baik saja. Saya juga menunggu informasi selanjutnya,” kata Didit.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki ...
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...