Sabtu, 17 November 2018 | 10.30 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>KPK Sarankan Pemkab Bekasi Review Izin Meikarta

KPK Sarankan Pemkab Bekasi Review Izin Meikarta

Reporter : Restu Fadilah | Selasa, 6 November 2018 - 11:56 WIB

IMG-29778

Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hasanah Yasin tersandung korupsi Meikarta. (KiniNews/Restu Fadillah)

Jakarta, kini.co.id – Komisi Pemnerantasan Korupsi (KPK) menyarankan agar Pemkab Bekasi mereview kembali izin pembangunan proyek Meikarta yang diduga bermasalah.

Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah hal itu dirasa perlu lantaran dalam perjalanannya, pembangunan yang digarap oleh PT Lippo Group itu ditemukan adanya kasus dugaan suap dalam pengurusan izin proyeknya.

“Akan baik saya kira kalau proses yang dilakukan secara paralel dalam artian Pemkab Bekasi dan Pemprov melakukan review terhadap proses perizinan Neikarta tersebut,” tutur Jubir KPK, Febri Diansyah pada Senin, (5/11/2018) malam.

Kata Febri, apabila dalam proses evaluasi, ditemukan adanya pelanggaran dalam perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan proses pembangunan, proses penegakan hukum secara administratif oleh Pemkab Bekasi, dapat berjalan secara paralel dengan proses pidana yang berjalan di lembaga antirasuah.

“Saya kira kalau memungkinkan dari aspek hukum ada penegakan hukum secara paralel misalnya yang dimaksud dengan secara paralel itu adalah penegakan hukum untuk dugaan tindak pidana korupsi yang diproses, penegakan hukum kalau ada pelanggaran administrasi dan perizinan juga diproses maka koordinasi sebenarnya dimungkinkan untuk itu,” katanya.

Febri kemudian menjelaskan contoh yang pernah terjadi adalah dalam kasus dugaan suap terkait reklamasi di Pantai Utara. KPK memproses pidana korupsi, sedangkan Kementerian LHK dan Pemprov DKI melakukan penegakan hukum administratif.

“Sudah ada pengalaman beberapa kasus saya kira ya. Ketika KPK menangani kasus dugaan tindak pidana korupsinya ada pejabat yang berwenang pada saat itu ketika KPK menangani kasus Perda reklamasi di Jakarta. Ada penegakan hukum yang dilakukan oleh Kementerian lingkungan hidup pada saat itu, karena memang domainnya di sana dan juga ada yang dilakukan oleh Pemprov DKI,” tuntasnya.

Untuk diketahui, Meikarta merupakan salah satu proyek prestisius milik Lippo. Proyek tersebut saat ini sedang tersandung kasus hukum. Pasalnya pads Minggu (14/10/2018) lalu, tim satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Direktur Operasional Grup Lippo, konsultan Grup Lippo Taryadi dan Fitra Djaja Purnama, dan pegawai kelompok perusahaan tersebut Henry Jasmen.

Selain mereka, KPK juga menangkap Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bekasi Sahat MBJ Nahor, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi Dewi Trisnawati dam Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bekasi.

Mereka ditangkap tangan karena dugaan kasus suap senilai Rp 13 miliar dalam proses pengurusan sejumlah izin yang diperlukan dalam pembangunan fase pertama proyek Meikarta seluas 84,6 hektare.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 16:39 WIB

Kasus selfie petugas imigrasi dengan Miyabi masih berlanjut

SELFIE antara petugas Imigrasi Kelas I Denpasar dan aktris panas asal Jepang Sayaka Stephanie Strom alias Maria Ozawa alias Miyabi ...
Politik - Jumat, 16 November 2018 - 11:46 WIB

SBY utamakan kemenangan Demokrat ketimbang Prabowo-Sandi

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bahwa partainya lebih mengutamakan kemenangan di pemilu legislatif ketimbang kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga ...
Nasional - Jumat, 16 November 2018 - 11:35 WIB

Warga di Papua takut merebut kembali tanahnya

PERWAKILAN warga Suku Mpur Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Samuel Ariks mengatakan masyarakat takut merebut kembali tanahnya yang diklaim PT Bintuni ...
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 11:12 WIB

Dendam, disebut penyebab pembunuhan sekeluarga

DALAM penyelidikan, polisi menyimpulkan pembunuhan satu keluarga di Bekasi dilatari motif balas dendam. Kesimpulan itu setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 09:53 WIB

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Cucu Wiranto Meninggal di Kolam Ikan

Kabar duka datang dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto. Pasalnya Cucu Wiranto yang bernama Achmad Daniyal ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 08:00 WIB

Penjelasan Lion Air Terkait Insiden Matinya Lampu dan AC Penerbangan Yogyakarta

Maskapai penerbangan Lion Air, membenarkan peristiwa mendadak matinya AC dan lampu pada pesawat penerbangan JT-556 dengan tujuan Yogyakarta.Corporate Communications Strategic ...