Senin, 25 Maret 2019 | 05.27 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>Rampung, Berkas Perkara Ratna Sarumpaet Dikirim ke Kejaksaan

Rampung, Berkas Perkara Ratna Sarumpaet Dikirim ke Kejaksaan

Reporter : Restu Fadilah | Kamis, 8 November 2018 - 15:22 WIB

IMG-29854

Ratna Sarumpaet. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Setelah melakukan penyidikan selama satu bulan lamanya. Akhirnya Polda Metro Jaya pun berhasil merampungkan berkas perkara tersangka Ratna Sarumpaet.

Kabid Humas Polda Metro Jaya (PMJ), Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan polisi rencananya akan melimpahkan berkas Ibunda Atiqah Hasiloan itu ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

“Setelah penyidikan selama satu bulan lebih, polisi sudah menyelesaikan pemberkasan. Hari ini akan diserahkan ke Kejaksaan tahap pertama,” tuturnya, di Jakarta, Kamis, (8/11/2018).

Dalam berkas tersebut, terdapat 32 BAP tersangka, saksi dan saksi ahli. Selain itu terlampir juga 63 barang bukti.

Menurut Argo, usai berkas diserahkan, pihaknya akan menunggu hasil evaluasi terkait kelengkapan berkas dari Kejati. Jika dianggap masih kurang baik secara materil maupun formil, berkas tersebut akan dikembalikan untuk dilengkapi.

“Kalau dinyatakan lengkap oleh penuntut umum segera akan kita serahkan tanggung jawan penyidik untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti,” tuntasnya. Untuk diketahui Ratna merupakan tersangka kasus penyebaran berita bohong alias hoax penganiayaan terhadap dirinya sendiri.

Ia disangkakan dengan Pasal 14 Undang-undang 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Undang-undang ITE Pasal 28 Juncto Pasal 45.

Kasus ini berawal dari dihebohkannya masyarakat Indonesia dengan kabar Ratna yang menjadi korban pengeroyokan di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung pada 21 September 2018 lalu.

Mertua Rio Dewanto itu mengaku dipukul dan diinjak di bagian perut saat menumpang sebuah taksi pasca menghadiri sebuah konferensi internasional.

Kemudian sejumlah politisi pun beramai-ramai mengkonfirmasi kebenaran kasus ini langsung kepada Ratna. Ratna pun membenarkan peristiwa tersebut.

Mendengar penjelasan itu, sejumlah tokoh pun mulai mengungkapkan rasa simpatinya melalui berbagai cara. Ada yang mengunggah status dengan disertai mengunggah foto-foto Ratna melalui media sosial ada juga yang melalui konferensi pers.

Tak tinggal diam, pihak kepolisian pun kemudian melakukan pendalaman. Namun setelah diselidiki, rupanya di tanggal itu Ratna tengah menjalani operasi plastik di rumah sakit kawasan Jakarta.

Selanjutnya pada tangal 3 Oktober 2018 Ratna pun buka suara. Ia mengaku bahwa kabar soal pengeroyokan terhadap dirinya itu hanya bohong belaka.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki ...
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...