Sabtu, 17 November 2018 | 10.30 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>KPU akan umumkan caleg eks terpidana korupsi via website

KPU akan umumkan caleg eks terpidana korupsi via website

Reporter : Emerson Tarihoran | Sabtu, 10 November 2018 - 00:17 WIB

IMG-29913

KPU.

JAKARTA, kini.co.id – KPU akan mengumumkan 40 nama calon anggota legislatif yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi akan diumumkan ke publik. Pengumuman itu tengah dipertimbangkan untuk disampaikan melalui website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal ini disampaikan anggota KPU Hasyim Asy’ari menanggapi hasil pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

“Yang paling mungkin di website KPU. Nanti siapa saja bisa mengutip dari situ,” kata Hasyim di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Terkait penyampaian nama-nama caleg eks Koruptor, sempat muncul beberapa wacana metode. Misalnya memberikan tanda pada kertas suara. Selain itu memajang nama-nama caleg eks koruptor itu di sekitar tempat pemungutan suara (TPS).

Namun, kata Hasyim, opsi tersebut sulit untuk dilakukan karena berpotensi menuai polemik lantaran dianggap diskriminatif.

“Nanti malah dikira KPU mengampanyekan orang itu, karena bisa jadi kampanye itu orang terzalimi, misalnya,” kata Hasyim.

Hasyim mengatakan nantinya penyampaian itu bukan hanya melalui website KPU pusat. Tetapi melalui website KPU daerah.

Sebelumnya, anggota KPU Wahyu Setiawan mengaku mendapat saran dari pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengumumkan calon anggota legislatif (caleg) baik di tingkat DPR, DPRD, serta DPD yang berstatus mantan narapidana kasus korupsi. Hal ini, kata Wahyu, akan dibahas dalam rapat pleno KPU.

Wahyu mengatakan bahwa keputusan mengumumkan caleg mantan napi kasus korupsi merupakan salah satu upaya pihaknya melindungi hak politik masyarakat dalam memilih wakilnya. KPU, kata Wahyu wajib memberikan informasi yang utuh tentang para caleg yang ikut kompetisi pada Pemilu 2019.

“Hasil diskusi (pimpinan KPK) memberikan saran kepada KPU untuk mengumumkan kepada publik 40 orang mantan narapidana korupsi yang sekarang menjadi calon anggota DPR, DPRD, dan DPD,” kata Wahyu di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/11).

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 16:39 WIB

Kasus selfie petugas imigrasi dengan Miyabi masih berlanjut

SELFIE antara petugas Imigrasi Kelas I Denpasar dan aktris panas asal Jepang Sayaka Stephanie Strom alias Maria Ozawa alias Miyabi ...
Politik - Jumat, 16 November 2018 - 11:46 WIB

SBY utamakan kemenangan Demokrat ketimbang Prabowo-Sandi

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bahwa partainya lebih mengutamakan kemenangan di pemilu legislatif ketimbang kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga ...
Nasional - Jumat, 16 November 2018 - 11:35 WIB

Warga di Papua takut merebut kembali tanahnya

PERWAKILAN warga Suku Mpur Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Samuel Ariks mengatakan masyarakat takut merebut kembali tanahnya yang diklaim PT Bintuni ...
Hukum - Jumat, 16 November 2018 - 11:12 WIB

Dendam, disebut penyebab pembunuhan sekeluarga

DALAM penyelidikan, polisi menyimpulkan pembunuhan satu keluarga di Bekasi dilatari motif balas dendam. Kesimpulan itu setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 09:53 WIB

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun, Cucu Wiranto Meninggal di Kolam Ikan

Kabar duka datang dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto. Pasalnya Cucu Wiranto yang bernama Achmad Daniyal ...
Peristiwa - Jumat, 16 November 2018 - 08:00 WIB

Penjelasan Lion Air Terkait Insiden Matinya Lampu dan AC Penerbangan Yogyakarta

Maskapai penerbangan Lion Air, membenarkan peristiwa mendadak matinya AC dan lampu pada pesawat penerbangan JT-556 dengan tujuan Yogyakarta.Corporate Communications Strategic ...