Kamis, 24 Januari 2019 | 19.00 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Penyebab amblesnya jalan Gubeng-Surabaya mulai terkuak

Penyebab amblesnya jalan Gubeng-Surabaya mulai terkuak

Rabu, 19 Desember 2018 - 11:59 WIB

IMG-30685

Proyek lahan parkir di basement RS Siloam diduga penyebab amblesnya jalan Gubeng-Surabaya.

JAKARTA, kini.co.id – DUGAAN penyebab amblesnya Jalan Gubeng di Surabaya mulai terkuak. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan amblesnya jalan disebabkan oleh pembangunan proyek basement RS Siloam.

“Memang pembangunan ini berawal dari ada pembangunan basement-nya rumah sakit Siloam yaitu 70 x 70 sedangkan yang dikerjakan 11 persen dengan kedalaman 11 meter dari 19 meter ini,” kata Luki di lokasi kejadian, Rabu (19/12/2018).

Meski demikian, Luki tetap akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Untuk itu, ia akan memanggil saksi ahli dari Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya dan Bina Marga. “Ini kita lagi didalami dan kita akan berkoordinasi dengan tim-tim ahli dari ITS terus ada beberapa dari Bina Marga juga,” beber Luki.

Luki juga mengatakan kerja sama dengan beberapa pihak ini sangat penting untuk mencari pokok permasalahan dari amblesnya jalan sebab para ahli juga dinilai lebih memahami peristiwa yang terjadi.

“Karena ini perlu pendalaman terkait dengan masalah bagaimana pembangunan ini,” lanjut Luki. Kerja sama ini disebut juga berlanjut hingga proses perbaikan jalan berlangsung nantinya.

Usai meninjau, Luki menambahkan, di lokasi juga ditemukan saluran air yang mengarah ke tempat amblesnya tanah. Pihaknya pun akan berupaya untuk menutup saluran-saluran ini mengingat saat ini Surabaya telah memasuki musim penghujan. Dikhawatirkan bisa membuat jalan semakin ambles karena tergerus air hujan.

“Tadi malam masih rapat akan ditutup sehingga nanti lubang yang cukup besar ini tidak ada air,” pungkasnya.

Sembilan tiang dan 2 Trafo PLN roboh

Pasca amblesnya Jalan Gubeng, aliran listrik di sejumlah kawasan di sekitar jalan utama tersebut mengalami pemadaman. Penyebabnya dilaporkan ada 9 tiang tegangan menengah 20 kV yang ikut roboh saat jalan tersebut ambles.

Manager Senior General Affair PLN Unit Induk Distribusi Jatim Dwi Suryo Abdullah mengatakan pemadaman mulai terjadi pada hari Selasa (18/12/2018) sekitar pukul 21.32 WIB.

“Ada 9 tiang tegangan menengah 20 kV dan 2 trafo khusus pelanggan (BNI 46 dan Toko Elizabeth) serta 1 buah trafo PLN untuk proyek Siloam yang ikut roboh,” kata Dwi.

Dwi memastikan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan evakuasi trafo serta tiang-tiang listrik yang ikut roboh saat kejadian. “Dari semalam sampai dengan pagi ini masih proses evakuasi trafo, tiang-tiang dan kabel PLN. Saat ini pelanggan padam tersisa 2 pelanggan (Elisabeth dan BNI). Keduanya nyala menggunakan genset,” lanjutnya.

Dwi menambahkan, pihaknya pun mengupayakan agar aliran listrik bisa segera pulih kembali. Namun terlebih dahulu timnya harus melakukan survei dan perencanaan penempatan tiang serta penarikan jaringan. “PLN mengupayakan agar jaringan bisa segera kembali normal,” tandas Dwi.

Terpisah, amblesnya Jalan Gubeng mendapat perhatian khusus dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Dalam akun Instagramnya, ia mengungkapkan, sejak menerima laporan, petugas gabungan dari Linmas dan PMK sudah berada di lokasi untuk pengamanan dan melakukan tindakan yang diperlukan. “Mohon doa dari semuanya. Sekiranya perlu bantuan mohon hubungi nomor telepon 112. Terima kasih,” saran Risma.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:15 WIB

Ahok bebas dari penjara

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok kini resmi bebas. Tadi pagi, Kamis (24/1/2019) dia keluar dari Mako Brimob, disertai upacara ...
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 11:42 WIB

Kalapas Cipinang Sebut Ahok Sudah Resmi Bebas Tadi Pagi

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bebas setelah menjalani masa hukuman 1 tahun 8 bulan 15 ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 21:38 WIB

Gagal jadi caleg, OSO polisikan Ketua KPU

OESMAN Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Hanura, melaporkan ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Polda Metro Jaya. ...
Nasional - Rabu, 23 Januari 2019 - 17:43 WIB

Wow…Susi Pudjiastuti tercatat sebagai Pemikir Dunia

MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dimasukkan dalam daftar "Top 100 Global Thinkers" 2019 versi majalah Foreign Policy. Susi pun ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:52 WIB

Dari Kalangan Jurnalis, KPU Pastikan Moderator Debat capres Netral

Menjadi moderator debat Capres 2019 haruslah individu yang bebas dari kepentingan mendukung salahsatu calon.Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:44 WIB

Penyesalan Adik Kandung Prabowo Pernah Biayai Kampanye Jokowi

Hashim Djojohadikusumo mengaku menyesal pernah ikut membiayai kampanye Jokowi.Adik kandung capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto itu mengaku sempat ...