Kamis, 24 Januari 2019 | 19.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>Begini korban penganiayaan Bahar Smith

Begini korban penganiayaan Bahar Smith

Rabu, 19 Desember 2018 - 13:25 WIB

IMG-30688

Korban penganiayaan Bahar bin Smith dan suruhannya.

BANDUNG, kini.co.id – KEPALA Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan remaja korban penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Bahar bin Smith mengalami kondisi luka memar dan terlihat banyak darah di wajahnya.

Bahar yang dikenal sebagai penceramah itu kini sudah berstatus tersangka dan ditahan di Polda Jawa Barat. Peristiwa penganiayaan yang menimpa MKU (17) dan CAJ (18) sempat direkam menggunakan telepon seluler serta viral usai diunggah ke Youtube. Rekaman itu menjadi salah satu bukti polisi untuk menahan Bahar Smith.

“Videonya lengkap. Sudah ada di kita sita, nanti saatnya akan kita serahkan ke kejaksaan dan jaksa penuntut umum sebagai barang bukti,” ujar Agung.

Berdasarkan hasil penelusuran polisi, korban CAJ rupanya jadi bulan-bulanan karena kedapatan mengaku-ngaku sebagai sosok Bahar Smith pada sebuah acara di Bali, 29 November 2018. Sementara MKU mengaku-ngaku sebagai HA, rekan Bahar. CAJ dan MKU kemudian dijemput paksa oleh orang-orang suruhan Bahar bin Smith, Sabtu (1/12), dengan menggunakan dua unit mobil. Mereka dibawa ke Pondok Pesantren Tajul Alawiyib di Kampung Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Atas perbuatan tersebut, Bahar bin Smith dan lima tersangka lain ditetapkan sebagai tersangka. Kelimanya yaitu AG dan BA yang ditahan di Mapolres Bogor, HA, HDI dan SG.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo sementara itu mengatakan polisi sempat mendapat informasi bahwa Bahar akan melarikan diri atas penetapan tersangka ini. “Adanya informasi tersangka BS akan melarikan diri dan adanya perintah dari pimpinan tertingginya untuk diamankan,” ujar Dedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/12).

Berdasar informasi tim di lapangan, kata Dedi, Bahar juga sudah tidak menggunakan ponselnya. Bahar pun sudah menggunakan nama inisial dalam aktivitasnya. “Informasi yang didapat tim, yang bersangkutan sudah tidak menggunakan alat komunikasi dan memakai nama inisial Rizal,” kata Dedi.

Sebelum ditahan dan ditetapkan tersangka, Bahar bin Smith terlebih dulu menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat. Dia datang pukul 12.25 WIB dan diperiksa selama tujuh jam oleh tim penyidik. Bahar mendapat sekitar 34 pertanyaan, kemudian ditahan berdasarkan surat penahanan nomor B/3817/XII/2018/Ditreskrimum.

Para tersangka disangkakan dengan Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP dan atau Pasal 333 KUHP dan atau Pasal 80 UU 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No. 23 Tahun 2002.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 12:15 WIB

Ahok bebas dari penjara

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok kini resmi bebas. Tadi pagi, Kamis (24/1/2019) dia keluar dari Mako Brimob, disertai upacara ...
Hukum - Kamis, 24 Januari 2019 - 11:42 WIB

Kalapas Cipinang Sebut Ahok Sudah Resmi Bebas Tadi Pagi

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bebas setelah menjalani masa hukuman 1 tahun 8 bulan 15 ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 21:38 WIB

Gagal jadi caleg, OSO polisikan Ketua KPU

OESMAN Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Hanura, melaporkan ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Polda Metro Jaya. ...
Nasional - Rabu, 23 Januari 2019 - 17:43 WIB

Wow…Susi Pudjiastuti tercatat sebagai Pemikir Dunia

MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dimasukkan dalam daftar "Top 100 Global Thinkers" 2019 versi majalah Foreign Policy. Susi pun ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:52 WIB

Dari Kalangan Jurnalis, KPU Pastikan Moderator Debat capres Netral

Menjadi moderator debat Capres 2019 haruslah individu yang bebas dari kepentingan mendukung salahsatu calon.Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:44 WIB

Penyesalan Adik Kandung Prabowo Pernah Biayai Kampanye Jokowi

Hashim Djojohadikusumo mengaku menyesal pernah ikut membiayai kampanye Jokowi.Adik kandung capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto itu mengaku sempat ...