Sabtu, 20 April 2019 | 14.23 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>SBY dipastikan tak hadir di debat capres perdana malam ini

SBY dipastikan tak hadir di debat capres perdana malam ini

Reporter : Restu Fadilah | Kamis, 17 Januari 2019 - 17:43 WIB

IMG-31225

Soesilo Bambang Yudhoyono.

JAKARTA, kini.co.id – KETUA Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhyono (SBY) dipastikan tidak akan menghadiri debat perdana Calon Presiden (Capres) RI, Kamis, (17/1/2019) malam ini. Padahal SBY masuk dalam daftar tamu undangan KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai Presiden RI keenam.

Menurut Ketua Kepala Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, SBY juga tidak akan ikut nonton bareng (nobar) di Kartanegara tempat pemenangan pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandiga Uno. SBY memilih untuk menyaksikan debat perdana malam ini melalui televisi di rumahnya.

“Alasan ketidak hadirannya karena koordinasi pengamanan, ini karena kalau beliau datang maka akan menambah pengamanan petugas kita,” ucap Ferdinand.

Untuk diketahui, debat akan dimulai pukul 20.00 WIB di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Peserta debat perdana adalah pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tema yang diangkat dalam perdana kali ini yaitu hukum, HAM, terorisme, dan korupsi. Nantinya, debat akan dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Disediakan waktu selama 23 menit 15 detik untuk kedua pasangan calon memaparkan visi-misi mereka ke hadapan publik.

Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka. Waktu yang disediakan sekitar 31 menit.

Dalam segmen itu, moderator debat akan menyampaikan pertanyaan kepada paslon, yang mana paslon sebelumnya telah mendapat kisi-kisi pertanyaan dari KPU. Masing-masing paslon akan diberi satu pertanyaan dari setiap tema.

Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Waktu yang dialokasikan dalam segmen ini sekitar 26 menit.

Metode ini memberikan kesempatan kepada pasangan calon memberikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya. Segmen terakhir adalah pernyataan penutup (closing statement). Alokasi waktu untuk segmen ini 11,30 menit.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki ...
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...