Rabu, 21 Augu 2019 | 04.22 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

Reporter : Redaksi | Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

IMG-31356

Yusril Ihza Mahendra.

JAKARTA, kini.co.id – KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki atau mundur dari kepengurusan PBB. Dia juga meminta para caleg anggota FPI mundur dari pencalegan.

Permintaan mundur sebagai pengurus dan caleg disebutnya sebagai maklumat atau pengumuman, bahkan perintah. Perintah itu dilontarkan untuk menanggapi maklumat Rizieq Shihab.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Imam FPI Rizieq Shihab memerintahkan seluruh anggota dan simpatisan FPI agar mundur sebagai pengurus dan caleg PBB. “Saya menjawab tegas, saya minta semua anggota FPI yang menjadi pengurus dan caleg PBB agar keluar meninggalkan PBB,” ucap Yusril kepada pers, Kamis (31/1).

Ketum PBB yang kini menjadi pengacara Jokowi itu, mengatakan apa yang diucapkan Rizieq adalah maklumat, bukan sekadar imbauan. Karenanya, dia pun menanggapi dengan tegas dengan mengeluarkan maklumat. Isinya, kata Yusril, dengan meminta seluruh anggota FPI agar keluar dari kepengurusan PBB.

Kata Yusril, PBB tidak akan terpengaruh jika seluruh anggota FPI mundur dari kepengurusan dan caleg. Dia yakin PBB akan tetap kuat. Apalagi, katanya dulu pernah ada caleg dari FPI melalui PBB pada Pemilu 2009 dan 2014. Namun, tetap saja, PBB tidak lolos ambang batas parlemen sehingga tidak bisa mendapat kursi DPR.

“Saya tidak khawatir PBB akan kehilangan dukungan karena anggota-anggota FPI keluar dari PBB,” tutur Yusril. Dia menyebut partainya tidak bisa didikte oleh Rizieq Shihab. Menurut dia, lebih baik Rizieq benar-benar membentuk partai sendiri seusai maklumat yang dikeluarkan daripada mengusik eksistensi PBB dari dalam.

Dalam maklumatnya, Rizieq juga meminta agar anggota FPI mendukung partai Islam lain atau membentuk partai perlawanan. “Kita lihat saja nanti, mampu tidak Habib Rizieq bikin partai, jangan hanya omong kosong saja.

Seperti diketahui, PBB menyatakan dukungan kepada Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Sikap itu diambil melalui Rakornas yang dihelat beberapa waktu lalu di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Arah politik PBB itu ditanggapi sinis oleh FPI. Imam Besar FPI Rizieq Shihab menilai PBB sudah tidak sesuai dengan perjuangan umat Islam. Tidak sesuai pula dengan hasil Ijtimak Ulama II yang mendukung Paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Ma’ruf Amin.

Rizieq lantas memerintahkan seluruh anggota dan simpatisan FPI agar mundur sebagai pengurus dan caleg PBB. Aliran dukungan harus dialihkan ke partai Islam lain yang mendukung Prabowo-Sandi.

Lebih jauh, Rizieq melontarkan renana akan membentuk partai. Anggota dan simpatisan FPI, katanya, akan membentuk partai perlawanan.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 13:34 WIB

Polisi geledah dua kantor PSSI dalam kasus pengaturan skor

KEPOLISIAN yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Skor menggeledah kantor Persatuan Sepaikbola Seluruh Indonesia (PSSI), Rabu (30/1/2019). Penggeledahan itu ...